How I Met #IYC2014



Yap, finally setelah sekian lama nggak memposting sesuatu di blog saya punya bahan yang cukup menarik untuk ditulis dan dibaca. Tanggal 4-8 November 2014 lalu saya mengikuti sebuah event nasional sebut saja Indonesian Youth Conference. Here I will talk about, how I joint that event.

MENDAFTAR KARENA COBA-COBA

Jadi, aku sendiri pun lupa kapan tepatnya pendaftaran IYC ini dibuka. Seingetku aku mendaftar event ini berawal dari rasa ingin tahu aku dengan apa sih yang dimaksud “konferensi”? apa sih dilakukan selama konferensi? Kata Konferensi setauku kan biasanya buat para petinggi-petinggi negara atau pejabat doang, ini kok buat anak muda? Nah, kebetulan banget di kampusku itu ada semacam forum inspirasi yang dibimbing oleh kakak-kakak angkatan yang udah bisa dibilang sukses dibidangnya yang menunjukkan bahwa jaman sekarang udah gak jamannya mahasiswa cuma kampus-perpus-kos atau teriak-teriak aspirasi lewat demo dijalanan doang. Try to look for another ways and challenges. Sebagai seorang mahasiswa apasih yang lo bisa kasih buat negeri ini? Challenge accepted! Waktu mempertemukan saya dan IYC. Nemu web sinergi muda awalnya minat biasa aja, soalnya aku emang googling banyak web semacam itu sampai tab google chrome-ku penuh -_- nggak taunya emang jodoh, waktu itu syarat dan deadline pengumpulan form pendaftarannya pas ya IYC doang. Formnya sih biasa ya CV, motivation letter, dan deskripsi sederhana tentang masalah yang dialami daerahmu dan solusi apa yang kamu tawarkan. Social project untuk mengembangkan daerah masing-masinglah sederhananya. Inget bangetlah, aku ngumpulin form IYC itu dihari terakhir pengumpulan deadline. Itu aja sempat salah kirim gegara salah format. Semacam nggak niat. Parah. Yaudah semuanya berlalu email sudah kukirim ke panitia. Disini aku mendaftarkan diri sebagai delegasi Provinsi DIY. Ya sekali-kali mengabdi pada daerah sendiri, secara 19 tahun hidup disini masak nggak pernah berkontribusi buat tanah sendiri? #eeaaa #bijak

WAWANCARA DADAKAN

Kalau nggak salah sih hampir sebulan *bahkan aku sendiri pun sampe lupa* setelah aku kirim form via email ke panitia IYC, tiba-tiba ada SMS di hapeku pake nomer asing mengatasnamakan panitia IYC mau wawancara via telepon sama aku. berhubung aku tu nggak pengalaman banget sama event beginian ya aku pikir ini Cuma penipuan doang. Singkat cerita aku sempat abaikan SMSnya hahaha. Ehhh, nggak taunya malem-malem di telepon bener dari panitia IYC atas nama Ocy (sampai sekarang akrab dipanggil Kak Ocy). Minim persiapan kan tuh secara pulang kuliah ditanyain macem-macem masalah project, motivasi, IYC, dana, dll. Jawab sekenanya, jujur aku banyak membual indah~ pamer belajar psikologi komunikasi~ LOL. 3 hari berlalu, Kak Ocy SMS lagi dan bilang aku lolos delegasi mewakili provinsi DIY. And my feeling was..... “Seriously? Me?”

H-1 MINGGU BERANGKAT KE JAKARTA

Alhamdulillah bangeetttt bersyukur event IYC ini timing-nya pas banget habis UTS di kampusku. Jadi kuliahnya so selooo~ H-1 minggu berangkat ke Jakarta pun kuliah libur seminggu. Punya banyak waktu luang buat packing dan persiapan macem-macem, termasuk presentasi project. Oiya, sebelum meet up dengan semua temen-temen se Indonesia, duta-delegasi DIY sempet curi start ketemuan dulu sih. Wuhuuuuu rasanya deg-degan euy. Gimana nggak? Bakal ketemu sama 66 best indonesian youth yang udah lolos seleksi gitu, dari Aceh sampai Papua pun ada. Acaranya sendiri diadain di Griya Patria, Jakarta Selatan, kami semacam diasrama disitu, selama 5 hari. Detail event? Wait next post!
That was my first time joining conference. That was my first time joining national youth event. That was my first time being a representative for DIY. That was my first time gathering with friends around the places in Indonesia. And that was the first time I felt so close and felt like have a new familiy within in a week. Banyak banget sebenernya yang pingin aku tulis tentang IYC 2014. Tapiiii, biar seru dan PENASARAN sih ditulis bertahap dulu aja. Penasaran apasih sebenernya IYC? Siapa yang ngadain? Detail event gimana? Syarat gabung apasih? 

IYC 2014 sendiri terbagi menjadi 2 jenis kegiatan, yakni: IYC Forum dan Festival (puncak kegiatannya) yang berupa seminar dengan tokoh-tokoh inspiratif. 


Rangkaian Festival IYC berisikan 12 topik seminar dan talkshow interactive yang berkaitan dengan isu seputar anak muda yang dibawakan oleh beragam narasumber yang kompeten di bidangnya. Festival IYC 2014 akan diselenggarakan pada 8 November 2014, bertempat di Upperroom (Annex Building), Wisma Nusantara.


Baca lengkap bisa di: 
https://www.merdeka.com/gaya/wow-festival-indonesian-youth-conference-2014-hadir-lagi.html

Sedangkan untuk Forum, dilaksanakan semingu sebelum puncak acaranya. Kami semacam tinggal di wisma dan mengikuti materi dari pagi sampai malam! Tentunya dengan pembicara yang beragam. Btw, kalau tidak salah jumlah pesertanya itu ada kurang lebih 35 orang (dan dari provinsi yang berbeda-beda di Indonesia). Di forum tersebut, kami saling sharing dengan gagasan masing-masing untuk memajukan daerah kami. Ada juga malam kebudayaannya, yang mana kami harus menampilkan icon budaya masing-masing daerah representatif :) So menyenangkan!

Untuk informasi lebih lanjut tentang siapa penyelenggara IYC ini silakan cek
https://indonesianyouth.org

Terima kasih, Indonesian Youth atas pengalaman berharganya!

Komentar

Postingan Populer