Best Moment in 2016: BANDA NAIRA

Selamat siang.

Akhirnya, kesampaian juga buat duduk tenang dan mengetik postingan ini :") 

Ya, seperti judul dari postingan ini. Ingin sedikit berbagi pengalaman menengok keindahan Indonesia bagian Timur.

Tahun 2016 lalu saya berkesempatan untuk melaksanakan KKN-PPM di Tanah Maluku, tepatnya di Kecamtan Banda. 

BANDA? BANDA NAIRA? 

Yap. Lokasi KKN saya secara administratif adalah di Kecamatan Banda dan di Pulau Naira. That's why it called Banda Naira. 
Di Kecamatan Banda ini memang bentuknya kepulauan (desanya terdiri atas pulau-pulau kecil di tengah Luat Banda).

Peta Kepulauan Banda 

Bisa dilihat kan? Pulau di Banda ada banyak lho. Beberapa Pulau ada yang tidak berpenghuni, seperti Pulau Karaka, Pulau Gunung Api (Ya, karena ada Gunung Api Banda di sana), dan Pulau Nailaka. 
Eitsssss meskipun tak berpenghuni, Pulau-pulau itu cantik-cantik juga kok! 

Pulau Nailaka 

So pretty kaaaaan? Nah, kalau Pulau Naira itu adalah pusat administrasi Kecamatan Banda. Jadi, ya semacam ibukota kecamatan begitu. Enggak heran sih kalau Pulau Naira lebih maju dibandingkan pulau-pulau lain. 
iconic-nya Pulau Naira. Benteng Belgica dan Gunung Api Banda (Ciee, ada di uang Rp 1000 baru lho!) 

Ya, kalau teman-teman sempat berkunjung ke Banda. Jangan lupa lah berkunjung juga ke pulau-pulau kecil yang ada di Banda. Karena teman-teman bakalan melihat banyak realita menakjubkan! ha ha ha. 

Bagaimana bisa berdiri sebuah desa di suatu daerah tanpa listrik dan tanpa sinyal tapi bisa memiliki model rumah yang (cukup modern)? Ya, tengok saja di Pulau Hatta :D 

Ya, sebenarnya masih banyak keindahan dari Pulau "Ibu" (Banda) ini. Rasanya ingin bercerita banyak tapi waktu untuk menulis kali ini tidak banyak (he he he). 

Pada intinya, saya sangat bersyukur di tahun 2016 ini mendapat banyak kesempatan untuk mengeksplor banyak tempat-tempat baru di planet ini! 

Salah satunya adalah Banda Naira. 

Setelah hidup di sana kurang lebih 50 hari. Saya sudah menganggap daerah itu seperti kampung halaman. Tempat di mana kamu sudah hafal jalan, hafal lokasi, hafal tokoh masyarakat, mengenal penduduk sekitar dan memiliki keluarga piara di sana! So much love there! Sangat berharap suatu hari nanti bisa mengajak generasi penerusku ke sana *eeaaaaa *Aaamiiinn 

TERIMA KASIH 2016! SUCH AN AMAZING YEAR IN MY 21 YEARS OF LIFE! 


Dear 2017, I'M READY FOR ANOTHER JOURNEYS! 

Komentar

Postingan Populer