Memulai Babak Baru

 

 

"Aku pingin jadi Psikolog deh" 

 

Sebuah keinginan yang pernah saya ucapkan ketika di bangku akhir SMA di depan orang tua saya. Beruntungnya, kedua orang tua saya cukup terbuka dengan keinginan anak-anaknya. Meskipun mereka memahami Psikolog awalnya sebagai "tukang nerima curhat".


Keputusan untuk mengambil jurusan S1 Psikologi di UGM pun semakin bulat. Akhirnya saya bisa lolos di tahun 2013 dan lulus tahun 2017. Tapi, ternyata… Psikolog bukan sekedar lulusan Sarjana Psikologi. Yap, Perjalanan. Masih. Panjang. 

 

Menurut Kode Etik HIMPSI...

Psikolog adalah lulusan pendidikan profesi yang berkaitan dengan praktik psikologi dengan latar belakang S1 dan S2. Psikolog memiliki kewenangan memberikan layanan psikologi meliputi konseling, penelitian, pengajaran, supervisi, layanan masyarakat. Dan juga pengembangan kebijakan, intervensi, pengembangan instrumen asesmen psikologi, dan lainnya dan diwajibkan memiliki izin praktik psikologi sesuai ketentuan.

Sempat bimbang, karena tentu biaya pendidikan itu tidak murah. Akhirnya saya memutuskan untuk kerja dahulu dari akhir 2017 sampai 2020 ini. Dan setelah 3 tahun bekerja, passion itu memanggil saya untuk kembali ke "jalan utama" saya. Saya memutuskan untuk kembali ke almamater lama yang tidak pernah pudar memorinya. 

 

Perjalanan untuk mendapatkan identitas baru dengan sebutan "Psikolog", mungkin beberapa orang akan bertanya, "minatmu jadi Psikolog apa?" Hehehe. Terlepas dari apapun minat bidang kalian, baik itu Klinis, Pendidikan, atau Industri & Organisasi, toh pada ujungnya kalian akan dikenal masyarakat sebagai profesi "Psikolog".

 

Memulai perjalanan penuh amanah ini dengan niat baik, mengembangkan diri untuk bisa berkontribusi lebih di masyarakat. Bukannya mau sok memotivasi, menurut saya hidup dengan passion dan impian justru terasa lebih menyenangkan prosesnya. Enjoy the ups and downs.

 

Tidak sabar untuk berbagi cerita petualangan baru! 

 

Semangat berjuang kalian yang juga sedang memperjuangkan cita-citanya!

 

Ps. Kalau mau lebih banyak soal Magister Psikologi Profesi di UGM bisa langsung open link itu ya.  

 

Salam, 

MAPRO UGM XVII (2020)



Komentar

Postingan Populer